Follow : Like : RSS : Mobile :

Bakamla Sosialisasikan Potensi Keamanan Laut di Tarakan

Foto | Istimewa | Detakjakarta.com

Dalam rangka mengoptimalkan sinergi antara Bakamla RI dengan instansi mitra maritim terkait, nelayan, serta masyarakat pesisir dan perbatasan, Bakamla RI melalui Subdit Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut dipimpin Kombes Pol. Suharwiyono, S.H., M.H., menggelar kegiatan Sosialisasi Potensi Keamanan Laut Wilayah Tengah, di SPKKL Tarakan, Provinsi Kaltara.

Di depan puluhan nelayan/masyarakat pesisir setempat, serta tamu undangan yang hadir, Kombes Pol. Suharwiyono menjelaskan tentang Bakamla RI serta tugas, fungsi dan struktur organisasinya.

Menurutnya, sangat penting mengoptimalkan sinergitas antara Bakamla RI dengan semua pihak terkait keamanan laut. Melalui sosialisasi ini aparat yang memiliki kewenangan di laut dapat saling memberikan pencerahan dan pemahaman mengenai potensi-potensi keamanan laut.

Menyambung keterangan sebelumnya, dijelaskannya pula bahwa Bakamla RI memfasilitasi melalui kegiatan ini sehingga dapat menjadi media yang efektif untuk bertukar pikiran, pengalaman, saran, dan pendapat.

"Dengan demikian terjalin koordinasi yang semakin baik dan solid diantara kita guna mengatasi serta memecahkan persoalan dan kendala yang mungkin terjadi di lapangan serta pertukaran informasi antara masyarakat pesisir/nelayan dengan aparat pemerintah yang memiliki kewenangan di laut", ujarnya.

Diharapkannya pula bahwa pada akhirnya melalui kegiatan ini dapat tercipta kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak untuk menjaga keamanan laut dalam upaya mendukung penengakan hukum di laut.

Menyambung ke sesi berikutnya, Staf Direktorat Kerja Sama Bakamla RI Moh. N. Burhan, S.St, Pi. berkesempatan menyampaikan materi seputar keamanan laut, diantaranya penjelasan tentang Deklarasi juanda yang merupakan sejarah terbentuknya negara kepulauan indonesia. Dijelaskan pula tentang Hak- hak kapal negara asing terhadap wilayah perairan indonesia, fungsi dan manfaat laut bagi manusia, berbagai ancaman yang timbul di laut serta peran nelayan sebagai sumber informasi tentang situasi keamanan laut disekitarnya, sehingga nelayan memiliki pemahaman dan kepedulian terhadap situasi keamanan laut di wilayahnya.

Hadir sebagai tamu undangan dalam kegiatan bertema "Sosialisasi Potensi Keamanan Laut Guna Penguatan Potensi Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Keamanan laut", ini antara lain Kepala Stasiun PSDKP Tarakan, Kepala KSOP Tarakan, Kasat Polair Tarakan, serta Danposal Pantai Amal Tarakan.

Kegiatan sosialisasi yang diadakan di halaman gedung SPKKL Tarakan Bakamla RI pada kamis (19/10) ini diawali dengan koordinasi dan silaturahmi ke berbagai instansi terkait antara lain Kantor Walikota Tarakan diterima Wakil Walikota Tarakan K. Arief Hidayat, Polres Tarakan diterima Kapolres Tarakan AKBP Dearystone M.H.R. Supit, dan terakhir kunjungan ke Lantamal XIII yang diterima Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama Ferial Fachroni.

Ikut serta dalam rombongan yang dipimpin Kombes Pol. Suharwiyono antara lain Staf Direktorat Kerja Sama Moh. N. Burhan, S.St., Pi. dan Staf SPKKL Tarakan Ilhamsyah.