Follow : Like : RSS : Mobile :

Suzuki Sponsori Kembali AFF Suzuki Cup 2018

Foto | Istimewa | Detakjakarta.com

Turnamen sepakbola se-ASEAN, Piala AFF (ASEAN Football Federation) atau AFF Suzuki Cup yang akan digelar pada 8 November sampai 10 Desember 2018, akan mengawali keseruannya dengan pengundian grup pertandingan dari 10 tim yang akan berlaga. Sebagai tuan rumah pengundian, siaran langsung dilakukan di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, dan akan disiarkan secara langsung ke negara peserta AFF lainnya (2/5).

Seiji Itayama, Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memaparkan, “Tahun ini merupakan keenam kalinya Suzuki menjadi sponsor utama AFF Suzuki Cup 2018, hal ini merupakan bukti komitmen kami dalam berkontribusi mendukung perkembangan sepakbola di ASEAN, khususnya di Indonesia. Kami berharap pengundian grup hari ini dapat menjadi motivasi para peserta AFF Suzuki Cup untuk mempersiapkan kemampuannya untuk bersaing sehat sehingga dapat mengembalikan gelora AFF Suzuki Cup 2018 kepada masyarakat, terutama pendukung timnas Indonesia agar Indonesia bisa menjadi juara,” ujarnya.

AFF Suzuki Cup 2018 memberi warna baru dalam pertandingan sepakbola skala ASEAN dengan perombakan sistem pertandingan yang cukup signifikan, di mana panitia penyelenggara menerapkan sistem kandang dan tandang yang mulai berlaku pada babak penyisihan, sehingga seluruh negara peserta menjadi tuan rumah selama AFF Suzuki Cup 2018 berlangsung. AFF Suzuki Cup 2018 juga menghapus sistem kualifikasi dengan menambah satu negara peserta di babak final.

Menyusul delapan negara peserta lain dengan peringkat tinggi seperti Thailand, Indonesia Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Laos, dua negara dengan peringkat AFF terendah seperti Timor Leste dan Brunei Darussalam harus memperebutkan satu tiket melalui partai play off yang akan dilaksanakan pada bulan September 2018.

Lima tim dari dua grup pertandingan AFF Suzuki Cup yang berpartisipasi akan menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang di fase penyisihan grup yang ditentukan melalui undian. Sedangkan untuk fase knock out, dua tim terbaik dari grup masing-masing akan maju ke semifinal dan memainkan dua babak kandang-tandang sampai partai final.

Piala AFF pertama kali digelar pada tahun 1996 di Singapura dan pada Piala AFF tahun 2004 mulai mengadopsi sistem baru dimana partai final digelar dalam dua laga kandang dan tandang untuk mempopulerkan kejuaraan ini. Selain itu, Timor Leste juga bergabung menjadi negara peserta Piala AFF untuk pertama kalinya. Pada tahun 2008, Suzuki berpartisipasi sebagai sponsor utama Piala AFF dengan Indonesia sebagai tuan rumah dan berganti nama menjadi AFF Suzuki Cup. Dalam waktu sepuluh tahun dengan dua belas kali penyelenggaraan, Piala AFF telah bernaung di bawah nama Suzuki sebanyak enam kali.